Cara Instalasi Windows Server 2016 di Vultr

Cara Instalasi Windows Server 2016 di Vultr

Cara Instalasi Windows Server 2016 di Vultr – Bagi anda yang ingin menginstal Windows Server 2016 pada VPS Vultr anda harus menyiapkan iso dari instalasi Windows Server 2016, anda bisa download melalui link beriku ini:

Download Windows Server 2016 Virtio

Anda harus menginstal versi virtio karena sudah di lengkapi driver disk dan pengaturan jaringan internet pada server, sebelumnya anda harus daftar dulu di website vultr setelah daftar silahkan ikuti langkah berikut:

  1. Klik Deploy New Server

2. Klik pada pilihan upload ISO silahkan upload iso Windows Server 2016 Virtio yang sudah anda download sebelumnya, dan tunggu proses upload hingga selesai

3. Setelah proses upload selesai maka akan muncul file iso Windows Server 2016, klik My Iso pilih Server Size untuk memilih kapasitas CPU dan ukuran disk, Kami menyarankan untuk menggunakan server minimal 55 GB SSD, 1 CPU dan 2 GB RAM agar proses instalasi dan pengoprasion tidak lelet. Setelah itu silahkan ketik nama Server anda, anda bebas memilih nama server anda.

3. Jika sudah selesai Klik Deploy Now

Silahkan tunggu proses configurasi Windows Server 2016 di server anda jika sudah akan muncul Running pada dasboard, silahkan klik View Console untuk melakukan proses instalasi.

4. Silahkan lakukan instalasi seperti anda menginstal Windows biasa

5. Klik “I don’t have product key” Jika anda belum memiliki License dari Windows Server 2016 anda bisa membeli License windows Server 2016 dengan harga terjangkau melalui website kami.

6. Silahkan pilih versi windows anda bisa memilih “Desktop Experience” untuk versinya bisa memilih Standard atau Datacenter

7. Jika sudah silahkan Klik Next pilih Custom Installation selanjutnya akan muncul Disk Drive anda harus Load driver agar kapasitas dari driver anda muncul.

8. Klik Load Driver – Browse – CD Drive – Virtio Win – 2k16 – amd64 Klik Ok

9. Maka akan muncul Driver Redhat Virtio SCSI silahkan Klik Next untuk melakukan Scan Driver setelah selesai maka akan muncul kapasitas Driver anda silahkan mengatur kapasitas Driver.

10. Jika sudah silahkan klik Next untuk melakukan proses instalasi tunggu proses instalasi hingga selesai

11. Jika sudah silahkan untuk mengatur Password pada Server anda Klik Finish dan tekan CTR-ALT DEL atau anda bisa klik di bagian pojok kanan atas untuk masuk pada Desktop Windows Server anda

12. Silahkan masukkan password Windows anda

13. selanjutnya anda harus mengkonfigurasi IP dan DNS agar internet server bisa aktif dan bisa digunakan.

Konfigurasi RDP pada Windows Server 2016

  1. Silahkan buka Windows Server 2016 Klik Start search Device Manager tekan enter

2. Maka akan muncul Dasboard Device manager silahkan klik kanan pada Ethernet Controller – Klik update Driver Software

3. Klik Browse untuk mencari lokasi Driver pilih pada Bagian CD Driver dan Klik Ok dan Next

4. Tunggu proses serach Driver selesai, setelah selesai akan muncul Driver Ethernet RedHat VirtIO Etehernet Adapter Klik Install

4. Kini Ethernet Adapter anda sudah terinstal dengan benar dan internet pada server anda telah aktif dan bisa digunakan jika masih belum aktif silahkan configurasi IP sesuai Server anda.

5. Aktifkan juga RDP pada server anda agar remote desktop bisa aktif

6. Klik Start – Server Manager – Local Server Pada bagian Remote Desktop silahkan Enable

Proses instalasi Windows Server pada VPS telah selesai anda bisa menggunakan untuk browsing atau download dengan kecepatan tinggi, anda juga bisa menggunakan Windows Server anda untuk Hosting Pribadi anda tanpa harus menyewa Hosting di Provider tertentu. Windows Server 2016 juga bisa menghost hingga ribuan website.

Share this post

Comment (1)

  • hanif pramono Reply

    pada bagian no 3 pas network tolong di perjelas barangkali ada yg enga mudeng, soalnya saya cek di vultrnya ngarah ke driver. bisa kasih tau spesifik contohnya D:\virtio\NetKVM\WIN8\AMD64. dan lainya

    August 14, 2021 at 2:50 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published.